Rabu, 15 Mei 2013

Pelantikan Penegak Bantara

          Pelantikan Pramuka Penegak Bantara Ambalan Raden Paku dan RA Kartini  Pangkalan MA Ihyaul Ulum Cangaan Ujungpangkah Gresik. di Gunung Sirowiti Panceng gresik.
                Sebanyak 4 sangga pramuka Penegak Ambalan yang mengikuti Perjalanan dari Pangkalan melewati Hutan Larangan Panceng menuju Gunung sirowiti, dalam perjalanan menuju ke lokasi tepat pukul 16.00 WIB sejenak beristirahat di pinggiran hutan Panceng. tepat pukul 21.30 WIB perjalan dilanjutkan kembali menuju ketengah hutan Panceng (Hutang Nglarangan) Perjalanan ini menjadi tantangan tersendiri bagi tiap peserta, raut wajah takut, gelisah dan was-was trlihat ketika setiap sangga mulai masuk hutan yang gelap gulita yang hanya ditemani 2 lampu senter tiap sangga, dalam perjalanan tak hanya sekedar berjalan tetepi deselingi dengan penebaran bibit pohon Iprek ( sejenis pohon Beringin ) untuk reboisasi atau penghijaun kembali hutan yang sudah mulai gundul dan jarang pepohonan. sesampainya ditengah hutan kira-kira pukul 22.35 WIB. berhenti untuk isrirahat dan mendirikan tenda. tak lama beristirahat sekitar 30 menit setalh itu kegiatan dilanjutkan dengan Ujian dan Tes Untuk Mendapatkan Tanda Penegak.
                  Setelah  Kegiatan Ujian tersebut Peserta dipersilahkan Istirahat sampai pukul 01.00 WIB. setelah sedikit puas beristirahat perjalanan pun dilanjutkan kembali menuju Gunung Sirowiti yang terkenal dengan MISTIS dan mitos-mitos yang menyeramkan. dalam perjalanan di tengah jalan sempat terjadi hambatan, salah seorang peserta mengalami Sakit perut yang hebat karena lama dan jauhnya perjalanan sehingga banyak juga peserta yang kelelahan. setelah beristirahat sejenak  perjalan dilanjutkan kembali.
             Sesampainya dikaki Gunung Sirowiti kira-kira pukul 02.12 WIB. lelah para peserta ahirnya terbayar ketika perjalanan hampir mencapai puncak, Pemandangan Malam yang begitu indah membuat para peserta menghelakan nafas panjang untuk sejenak menikmati indahnya pemandangan malam dari atas gunung, yang tentunya bagi mereka ini adalah sebuah pemandangan yang jarang ditemui.
                   Bercampur hawa yang cukup dingin dan sejuk, perjalanan dilanjutkan kembali. sampai dipuncak para peserta dan pembina beristirahat sebelum kegiatan Ujian dan Tes Pengambilan Emblem Bantara dilaksanakan. tapatnya kira-kira pukul 03.15 WIB Ujian pun dilaksanakan, para peserta dibangunkan satu persatu dan berjalan menuju tempat lokasi dalam gua untuk uji mental, para peserta satu persatu bagi penegak Putra dan Dua orang Penegak Putri berjalan secara bergantian menju Goa yang berada di kedalaman sekitar 50 meter kebawah dari permukaan puncak Gunung Sirowiti.
                     Kegitan Pengambilan Bantara selesai pas menjelang Adzan Shubuh. dan pada pagi harinya dilaksanakan Upacara Pelantikan Untuk Mengesahkan Penegak Bantara.
Kegiatan yang seru dan menantang ini membawa kesan dan pengalaman yang sangat berharga bagi para Peserta. semoga dengan adanya kegiatan ini semakin maju Pramuka Indonesia dan Khususnya Bertambah Jaya Pramuka Pangkalan TP. Ihyaul Ulum Cangaan.

" Jayalah Pramuka Indonesia "

Salam Pramuka.....   


1 komentar: